Tips Cara Mencuci Kebaya Agar Awet Tidak Rusak

Kebaya adalah pakaian yang tidak boleh sembarangan saat mencucinya. Karena salah-salah justru kebaya Anda bisa robek dan payetnya pada lepas. Kebaya juga bukan pakaian yang bisa dicuci dengan mesin. Untuk itu, mencucinya harus menggunakan tangan.

Tips Mencuci Kebaya

Sabun yang digunakan untuk mencuci kebaya juga tidak boleh sembarangan. Karenanya perlu tips mencuci kebaya supaya kebaya tetap aman dan tidak rusak. Berikut adalah tips mencuci kebaya yang baik.

  1. Rendam Di Dalam Air

Ingat, saat mencuci kebaya Anda tidak boleh merendamnya di air deterjen. Hal ini untuk menghindari kebaya yang mudah luntur warnanya saat dicuci. Tips mencuci kebaya yang lebih baik yaitu rendam kebaya di air biasa yang bersih.

Supaya kebaya tetap harus setelah dicuci, Anda bisa merendamnya di dalam pelembut pakaian. Pelembut pakaian ini tidak akan membuat pakaian luntur, untuk itu kebaya akan tetap harum dan juga aman.

  1. Jangan Peras

Saat mencuci kebaya, Anda tidak boleh mengucek terlalu keras apalagi pada bagian payetnya. Anda bisa mengucek hanya pada bagian ketiak saja supaya bersih apabila terkena keringat. Selain itu, Anda juga tidak boleh memeras kebaya yang akan dijemur. Inilah tips mencuci kebaya guna menghindari kebaya yang rusak.

  1. Jangan Jemur Di Bawah Sinar Matahari

Supaya warna ataupun bahan pada kebaya tidak cepat rusak, sebaiknya Anda tidak perlu menjemurnya di bawah sinar matahari. Untuk itu, Anda bisa menjemur kebaya dengan cara menggantungkan pada sebuah bilah dan diangin-anginkan. Tips mencuci kebaya ini sangat perlu diperhatikan.Cara ini tidak akan membuat kebaya menjadi bau, karena sebelumnya kebaya sudah di rendam dengan pelembut pakaian.

  1. Jangan Setrika Kebaya

Menyeterika kebaya bisa membuat kebaya menjadi rusak ataupun terbakar, karena bahannya sendiri sangat rentan terhadap panas. Untuk itu hindari menyeterika kebaya, apabila ingin kering ataupun rapi Anda bisa menggunakan hair dryer.

Demikianlah informasi mengenai tips mencuci kebaya supaya tetap bersih tanpa merusak bahannya. Semoga dengan informasi ini Anda bisa lebih berhati-hati lagi saat hendak mencuci kebaya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

 

Koleksi Kebaya: